Saturday, September 28, 2013

SKRIPSI



Ya, skripsi adalah jembatan setiap mahasiswa strata yang harus mereka lalui kalo pengen dapet gelar kelulusan mereka, dan title mereka tentunya. Tapi tahukah anda? Skripsi itu bertekanan sangat sangat tinggi. Saat kita dituntut oleh orang tua untuk sesegera mungkin menyelesaikan skripsi kita dan lulus tentunya. Tekanan itu bertambah dan bertambah berat apabila kita belum punya tema apapun buat perang bersama skripsi , T.T yang ini curcol.
Ada dua cara yang bisa ditempuh di jurusanku buat bisa menembus skripsi.

1.      A.  Magang 3 bulan. Dulu, rencananya aku mau mempergunakan cara ini. Namun, seiring berjalannya waktu dan setelah dipikir terlalu matang, ternyata magang memakan waktu yang teramat lama. Karena tuntutan orang tua tadi, akhirnya aku putuskan untuk tidak menempuh jalur ini.
2.     B.   Bedah jurnal. Tahukah anda?kalau kita pikir bedah jurnal adalah hal simple itu sangat salah. Berhari-hari bahkan aku nyari materi dan jurnal-jurnal di internet tentunya, tidak satupun yang nyangkut di pikiranku buat kujadikan bahan skripsi, T.T yang ini curcol lagi. Tapi, saya telah memilih menempuh jalur ini. Untuk sebuah title dan ijazah mungkin =,=

Hmmm, diantara 2 cara tadi, pasti keduanya memiliki bobot kesulitan masing-masing. Dan kita, harus melaluinya saudara-saudara. Lagi-lagi, untuk sebuah ijazah dan title.

Sebenarnya itu baru intronya aja sih. Hal yang paling penting adalah, tingkat kestresan mahasiswa tingkat akhir adalah 10x lipat stresnya maba yang diospek,mungkin. Kita, sebagai mahasiswa tingkat akhir sudah mulai memikirkan banyak sekali tuntutan masa depan. Mulai skripsi yang kudu dengan cepatnya terselesaikan, masih lagi harus memikirkan apa yang akan kita lakukan setelah lulus nanti dengan embel-embel titel yang sudah kita dapat tadi.

Ih wow, hawa-hawa kestresan itu rupanya sudah mulai merasukiku lho. Malas rasanya melihat jurnal-jurnal berserakan itu dikamar.

Tapi, skripsi akan terasa lebih berat kalo kelamaan kita pertahankan, hahhah. Jadi intinya, jangan kau biarkan skripsi berlama-lama bersamamu biar gak kelamaan stresnya. Atau dalam kata lain “ndang lulus nduk” hahhaha. Harus terus semangat membara.  Kamu pasti bisa. Kamu harus sukses. Yeah, we’ll get it.. GANBATTE!!! Bismillah.. Allah pasti memudahkan segalanya. Karena, tiap kesulitan pasti Allah berikan kemudahan. Aamiin :D

No comments:

Post a Comment